COMMUNICATION  STYLE & SELF ESTEEM

 

Gaya komunikasi merupakan ciri khas berkomunikas yang dimiliki oleh setiap. Gaya komunikasi merupakan jendela untuk  memahami bagaimana dunia memandang  seseorang sepenuhnya sebagai suatu kepribaian  unik, hal ini mempengaruhi hubungan seseorang  baik dalam karir, dan kesejahteraan emosional.



Macam-Macam Gaya Komunikasi

1.The Controlling Style

komunikasi yang bersifat mengendalikan dan mengatur ditandai dengan adanya satu kehendak, biasanya orang orang yg menggunakan gaya komunikasi ini dikenal dengan nama komunikasi satu arah.

2.The Equallitarian Style

tindakan komunikasi dilakukan secara terbuka, gaya komunikasi ini memudahkan untuk berkomunikasi dalam organisasi dan menjamin berlangsungnya tindakan berbagi informasi antar anggotanya. 

3.The Structuring style

Gaya komunikasi ini memanfaatkan pesan-pesan  verbal (lisan maupun tulisan) guna memanfaatkan  perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan

tugas dan pekerjaan serta struktur organisasi.

4.The Dynamic Style

Gaya komunikasi ini sering dipakai oleh juru

kampanye ataupun supervisor.

✓Tujuan gaya komunikasi ini adalah menstimuli atau  merangsang para karyawan untuk bekerja lebih  cepat dan lebih baik. Gaya komunikasi ini cukup  efektif digunakan dalam mengatasi persoalan yang  bersifat kritis.

5.The Relinguishing Style

Gaya komunikasi ini lebih mencerminkan kesediaan  untuk menerima saran, dan pendapat atau gagasan  orang lain.

6.The Withdrawal Style

Gaya komunikasi ini dapat mengakibatkan  melemahnya tindak komunikasi, artinya tidak ada  keinginan dari orang-orang yang memakai gaya  komunikasi ini dengan orang lain.



Studi Kasus 



Seperti yang sudah dijelaskan dalam materi diatas, gaya komunikasi memiliki 6 macam. Dalam kasus PHK massal yang dilakukan oleh perusahaan Grab terdapat gaya komunikasi didalamnya. 

Yaitu, The Controlling Style. Perusahaan Grab melakukan pengendalian dengan adanya satu kehendak, Ia mengeluarkan pesan yang menyampaikan bahwa Perusahaan Grab melalukan pemutusan hubungan kerja terhadapt karyawannya. 

Komentar